Thursday, November 20, 2008

--Saya bisa melakukan apa yang saya sukai—

Saya kutip dari blognya "bapak binus" mengenai 'antara PNS dan swasta'. Sedikit dari banyak 'intinya banyak' saya banyak belajar dari blognya si bapak dari ilmu 'kuliah' ampe ilmu hidup, yang sederhana tapi 'kena'.
Back to topic. Kebetulan kasus saya bukan 'PNS dan swasta'. Tapi 'kenapa sampe sekarang tetep bertahan di kerjaan saya sekarang'. Yup, jawaban yang sama dengan judul tulisan ini. Dari segi gaji, bisa dibilang standart, ga lebih, dan alhm pas banget. Cukuplah kalo sekedar bayar kos, makan, kuliah, nonton, sampai 'backpackeran'. Mungkin bila dibanding temen laen selisih 500k sampe 3 kali lipat gaji saya. Tapi saya puas. Kos cuma dibelakang kantor. Kampus cuma 5 menit naek ojek. Pusat perbelanjaan (CL, TA, Pelangi, PS, Sency, Blok M) dan beberapa tempat penting (Tamrin, Monas) cukup dekat dari tempat yang saya tinggali sekarang. Strategis kan?. Dan lingkungan yang cukup kondusif buat saya untuk sekedar menikmati 'kenyamanan' tanpa membuat saya jenuh dan statis.
Dilema nya ketika saya mengambil mata kuliah 'bisnis'. Bu dosen bilang 'bekerjalah pada satu perusahaan cukp 4-5 tahun'. Lalu gimana dengan tulisan 'pak binus' itu??
Deeply, pastinya juga jenuh, hampir 5 tahun (dari mei 2004) saya lulus langsung menginjak bumi jakarta untuk mencari ber-piring2 nasi (kan mkannya banyak). Sampai sekarang. Tapi untung ada temen-temen yang selalu ada disamping saya, walopun keluarga nan jauh di 'gubug' sana.
Selain itu, fasilitas kantor yang benar-benar ngebantu banget (pastinya). Internet, telpon 24 jam, 7 hari seminggu. Dari friendster, facebook,.hi5, blog yahoo, blogspot, gmail, yahoo, YM, kaskus dan masih banyak lagi, adalah sebagian kecil web yang se-olah2 wajib dibuka tiap hari (tapi ga addict loo). Ya itu, misal minggu kepanasan di kos, ngacir aja ke kantor, ngadem sambil nge-net, free lagi.
Karena di kantor ini pula, saya sering mudik ke bandung (notabene kampung orang), kenal puncak, lembang, anyer, dufan, yang seolah-olah dah jadi rutinitas tiap tahun selalu 'ngikut'. Juga ga terlalu berambisi di jakarta, karena rencana setelah lulus pengen mudik, jadi dipuasin dulu di jakarta nya.
Dan se-kurang-kurangnya kantor saya (anggap sebagai doa) tetep terbuka dan fleksible dalam peraturan (selama menanggapi dengan hati yang ikhlas dan terbuka). Jadi untuk 'sementara' saya sangat setuju dengan tulisan 'bapak binus', walopun gaji kecil 'tapi saya bisa melakukan apa yang saya sukai'.
Kutipan dari 'bapak binus' :
''gaji 8 koma : setelah tanggal 8 terus koma'alias habis duitnya'
''PNS itu tanggal sehari nangis, 29 hari yang lainya ketawa : pas gajian (tgl 1) nangis krn gaji kecil, hari lainya ketawa karena ga dikejar kerjaan atau deadline'
''swasta itu sehari tertawa sisanya nangis : pas terima gaji seneng karena gaji gede, sisanya dikejar deadline'
==semua tergantung kita yang menjalani dan menikmati, coba kayak saya gaji PNS'kecil' dan tapi kerjaan swasta, sabar ya....==

No comments: