Friday, November 7, 2008

--Bali, with friends---

Sebagian pict di www.cah-ei.co.cc

Tempat yang dukunjungin :
Hari satu : Besakih, Kintamani, Tirta Empul (Istana Tampak Siring)
Hari dua : GWK, Dreamland, Uluwatu (kecak dance)
Hari tiga : Bedugul, Erlangga 2, Kuta
Hari empat : Jogger, Museum Perjuangan Rakyat Bali, Kuta'lagi'

--Road to Bali--
Penerbangan ku jam mandala, 20.20. Sempet konsul ke beberapa temen, nyari jam yang pas supaya ga ketinggalan pesawat.
So, dengan semangat aq potong jatah istirahat jadi satu jam. Terus ijin jam 4. Alhm, ontime banget Damri berangkat setengah 5, even bisnya belum penuh. Nyampe bandara 17.20. Keren banget. Cepet euy.
Ternyata temen seperjalananku will late. So, nungguin deh sambil 'observasi' bis DAMRI yang lewat.
Mandala di terminal 1C. Cukup garing juga nunggu lama, sendiri lagi. Setengah 7 an Roma dateng, menyusul Iswanto. Setelah check in, ternyata kita di pindah ke penerbangan 20.05. Secara 20 menit kan lumayan banget, kita setuju aja.
Pesawat Mandala emang baru. Kita naik jenis airbus. Si Roma yang parno ma ketinggian, dah pucet, mati gaya. Kasian juga sich, badan segede itu tapi ternyata '...'.
Dan emang malam itu jakarta lagi ujan. Makanya take off kita rada-rada ga bagus. Pas di atas tuh, pesawat sempet turun gitu. Dan kita bertiga 'berpegangan' karena sama-sama shocknya. Even seorang Iswanto yang seharian itu juga baru pulang tugas luar kota, dan pastinya naek pesawat.
Nyampe Denpasar, kayak believe it or not 'bandara ngurah rai'. Duch, just like a dream but real. Nungguin Yusni. Dah gitu langsung ke poppies, kuta, buat nyari penginapan.
Ternyata nyari penginapan ga semudah ato malah ga sesulit yang dibayangkan. Karena pas banget ama moment 'Hallowen' , akses poppies rada macet. Penuh ama bule-bule telanjang malah ?. Tujuan pertama disambut ma gonggongan anjing 'bener-bene anjing'.
Akhirnya dapet penginapan 'wisma dua dara'. Permalam IDR 100000. Double bed, kipas, mandi dalem, kolam renang. Bersih.
Dari wisma ini, deket ke monumen bom bali, kute, hard rock cafe, pokoknya strategis.
FYI : kawasan poppies kuta homy banget buat bule. Buat tourist lokal sih relatif ya, palagi buat aku yang nota bene berjilbab. Bener-bener kayak orang ilang...huehue....
After pembagian kamar, time to sleep. Malem pertama di bali yang disambut dengan perayaan hallowen, capek bangeet....
Makanan : Ada Mc D, kalo mau hunting2 sih ada rumah makan padang muslim, ato warung muslim. Cukup standart sih harganya, kurang lebih IDR 15000 dah ok.
Perlu hati-hati banget misal makan di resto, palagi yang kebanyakan customer bule. Biasanya ada makanan PORK nya. Pilih menu yang biasa, tapi kalo emang ga yakin, pilih warung biasa aja.
Transportasi : Sewa mobil yang cukup murah IDR 140000/24 jam, motor IDR 30000 buat 12 jam, tapi kayaknya masih bisa ditawar.
Penginapan : wisma dua dara recomended (031754031)
Tempat Wisata :
-Besakih : Pura terbesar and terluas. Jauh dari kuta, jadi mending naik mobil. HTM IDR 7500'agak lupa' plus parkir IDR 5000. Guide IDR 50000, plus IDR 20000.
-Kitamani : Danau plus gunung batur. View nya keren banget. Feel different kalo menikmati pemandangan sambil makan di resto sekitar sini. Tapi hati-hati pork.
-Tirta Empul : Masuk dan parkir kurang lebih IDR 30000. Pura yang di dalam ada kolam ikannya. Ikannya gede-gede lo. Sebelahnya ada istana tampak siring. Karena abis ujan, sedikit masih gerimis, kita ga lama di sini.
-GWK : Cukup dekat dari penginapan. IDR 65000 include parkir. Cukup panas karena kita dateng pas siang hari. Ada beberapa hall seperti pemutaran 'video pembuatan GWK', hall buat tari-tarian khas bali, kecak juga ada, tapi hanya sore, gratis lagi.
-Dreamland : Free masuknya. Paling kita nyewa payung ama kursi IDR 50000, habisnya panas banget, siang-siang gitu loo. Lautnya keren banget, biru, bersih. Ombaknya juga keren. Karena emang masih belum tertata rapi dan belum komersil kali ya. Karang ama pasirnya juga masih tajem. Jadi musti ati-ati banget.
-Uluwatu : Lagi-lagi pura. IDR 25000 include parkir. Menujua pura nya emang agak jauh, melewati sekumpulan monyet liar. Di sini kita juga bisa nonton tari kecak IDR 50000. The amazing dance that show at 6 pm.
-Bedugul : Danau di dataran tinggi. Di seberang nya ada resort and pura 'lagi'. Harus menyewa boat IDR 125000 max 5 orang. Masuk ke kawasan pura harus membayar IDR 7000 perorang ke supir Speedboatnya'itung-itung uang nunggu selama 30 menit'.
-Erlangga 2 : jl. Nusakambangan, Denpasar. Pusat oleh-oleh dengan harga pas dan tempat yang lebih nyaman.
-Jogger : Pabrik kata-kata. Deket Jogger juga ada beberapa toko kecil yang menjual oleh-oleh khas bali dengan harga pas.
-Museum nasional perjuangan rakyat Bali : Denpasar. IDR 5000. Bangunan museum, tapi luarnya seperti pura. Tempatnya bersih, keliatan banget perawatannya.
-Kuta : Posisi nya yang deket banget ama penginapan. Kurang lebih 200 meter. Dari yang turis lokal maupun internasional bejibun di sini. Beda ama Dreamland yang kebanyakan bule. Dua sore terakhir kita menghabiskan sore dan menikmati sunset di sini. Dari yang hanya 'two pieces ampe topless' ada di sini. Eh yang pake jilbab juga ada..aku kan...hehe...

Setelah minta ijin stay di wisma ampe kita balik jakarta ma penjaga, sambil rehat-rehat bentar, akhirnya kita balik ke jakarta. By AirAsia. Penerbangan yang seharusnya 23.00 WITA, delay sampe 23.50. Alhm semua lancar. Dapet jenis airbus 'lagi'. Take off dan Landing nya nyaman. Nyampe kos jam 2 pagi.
Duch, back to real world'again'. But never ending story....

2 comments:

Anonymous said...

Um ... kapan km ke Bali?
Kok nggak bilang2 sich ....
Mas Mada kan bisa minta dibeliin oleh2, Mbak Ana juga, Dik Asya ...
Any way... gmn kabar di Jakarta?
Keep Spirit ... yach
Allah with U, offcourse ....

Umriyah said...

Hehe..mas mada...
seh sering posting neng kamisetembang ya mas...isin ik:D
alhm mas pengen ndang lulus, tapi seru suasana kuliahe, ribet pas bayare,....==kakean dolan==

Suwun dongane mas...salam nggo mbak ana ama dek asya...