Sunday, October 12, 2008

WWW

WWW-World Wide Web...hampir semua orang tahu istilah apa ini. Di sini gw mo ngebahas tentang cara baca WWW versi orang Indonesia.
Kenapa sih???
Misal www.yahoo.com, usually orang2 suka bacanya"we we we dot yahoo dot com".
Ngeh-ga??w-nya di baca Indonesia banget, tapi pas "." dibacanya English-ly. Piye jal???
Misal lo denger "we we we titik yahoo titik com"mungkin aneh kali ya, apa skalian di-englishin aja semuanya. "Double u"3x dot yahoo dot com. Better kan??
Cuma emang kita itu suka pake bahasa campuran kali, bisa nge-Indonesia tapi western juga. Kayak gw juga yang suka pake bahasa campur2 (Indo-English-Java…-mang program??)
Dulu pernah, ada temen yang nyebut PONSEL-telepon sellular english-nya itu MOBILE. Not HANDPHONE. Ato ada juga yang nyebut HANDSET.
Gw sih lum ngerti banyak. Cuman if gw nonton pilem gitu, mereka nyebutnya CELLPHONE. Bener juga sih. Kan yen diartiin Indonesia, PONSEL
Tapi emang banyak versi untuk satu jenis istilah. SMS misal nya. Di Jepang nyebutnya E-mail. Di western-Amerika sono, SMS nyebutnya text.
So, pointnya. Rekomendasi sih pake istilah yang baku, biar ga tambah parah pemakaianya. Tapi, if dia-nya dah nangkep sih monggo2 ja dech. Asal sama-sama enak.

No comments: